Kamis, 02 Agustus 2012

Mengatasi Error E03 Pada Printer Canon MP258

Assalamualaikum
Printer canon masih merupakan produk yang di sukai dan banyak digunakan baik dari kalangan Mahasiswa/i, Pelajar, Umum dan juga instansi-instansi pemerintahan atau swasta, seperti kata pepatah “Sebanyak yang suka sebanyak itu juga yang tidak suka”. eit’s maksudnya banyak yang suka menggunakan printer canon dan banyak juga kerusakannya.



Error Printer Kelas MP Biasanya diawali dengan kode “P” dan “E”, nah kebetulan MP258 kali ini erornya “E03″ dan eror ini bisa dilihat pada display yang terdapat pada printer tersebut.Biasanya Error E03 Printer tidak bisa menarik kertas alias tidak bisa mencetak, triknya coba buka case penutup printer tersebut dengan berlahan dan hati-hati.
Kerusakan biasanya bisa saja ada yang patah pada roler penarik kertas, tapi berdasarkan pengalaman yang saya temukan di dekat gear sebelah kiri terdapat gear besar yang dilengkapi dengan plastik tipis berupa lingkaran dan ada garis-garis halus,plastik tipis itu merupakan bagian dari sensor kertas dan mungkin saja lingkaran tersebut kotor terkena tinta sehingga pada saat printer bekerja dan berputar sensor tidak bisa membaca jumlah putaran, hasil cek jumlah putaran dengan data yang ada pada eeprom printer tidak sesuai kemudian printer mengirimkan sinyal ke display untuk menampilkan anggka error yang menyatakan kalau printer sedang dalam masalah, dan tidak dapat melanjutkan tugasnya untuk mencetak.
sebenarnya tidak begitu susah cuma rumit saja untuk melepaskan atau bongkar printer ini hanya ada dua baut di posisi belakang dan selebihnya hanya berupa klip
Thanks to Bang Jefri
Tambahan dari saya  plastik tipis berupa lingkaran dan ada garis-garis halus pada tulisan diatas adalah sensor disk,jika sudah dibersihkan printer masih belum bisa narik kertas berarti pompa cleaningnya yang rusak,harus diganti,ini biasanya terjadi karena printer dipakai untuk print menggunakan kertas yang tebal melebihi 210 gram.
Namun Ada juga error E03 disebabkan oleh rusaknya mainboardnya dan sensor kertas terganjal/tertahan sobekan kertas yang tersangkut mengenainya,jadi bila cara diatas sudah dilalakukan dan tidak ada perubahan coba cek lagi 2 hal yang saya sebutkan tadi.
Semoga bermanfaat.
silahkan anda Copy paste artikel diatas
jika tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. terimakasih....!!


Jika anda menyukai artikel ini silahkan klik tombol suka dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf Ya Bila Komentar Anda Tidak Saya Balas,Karena Saya Tidak Selalu Online Malahan Jarang.Pesan Menyangkut SARA,PORNOGRAFI,dan SPAM Akan Saya Hapus.
Kalau Mau Tanya-Tanya silahkan email ke ebin,sobana@gmail.com Dengan Menyebutkan Judul Postingnya,
Terima kasih telah berkomentar yang baik demi kelangsungan Blog ini.

Free Budgie Green Cursors at www.totallyfreecursors.com